Sabtu, 04 Juli 2009

Nyeri Pungung Bagian Atas (Nonpatologis)

Terjadi selama trimester Pertama akibat peningkatan ukuran payudara sehingga payudara menjadi berat, mengakibatkan tarikan otot jika payudara tidak disokong dengan adekuat.

Metode untuk mengurangi nyeri ini a.l :

  1. Menggunakan bra yang berukuran sesuai ukuran payudara.
  2. Cobalah mengurangi ketegangan pada bahu, leher dan rahang dengan cara tarik nafas dalam-dalam dan kendorkan bahu serta rahang (dapat dilakukan tanpa perlu membuka mulut)
  3. Beberapa latihan berikut ini dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan meregangkan otot-otot yang tegang dan mengurangi sakit punggung:

    Memutar Bahu
    Posisi mulai:
    Berdiri atau duduk dengan punggung lurus, lengan rileks, dan dagu tegak
    Latihan:
    Angkat bahu kearah telinga, kemudian dengan perlahan putar kedepan, kebawah, kebelakang, dan keatas sekali lagi. Bayangkan anda sedang membuat lingkaran besar dengan bahu anda. Akhiri dengan menggerakkan bahu kebelakang dan kebawah pada posisi rileks. Lakukan putaran ini lima kali, kemudian ulang dengan arah yang berlawanan.

    Meregangkan bagian atas tubuh
    Posisi mulai:
    Duduk dengan tungkai bersilang atau berdiri dengan lengan lurus dan menggantung didepan tubuh
    Latihan:
    Silangkan lengan pada siku; rasakan bagian atas punggung meregang. sambil menarik nafas perlahan, angkat lengan kearah langit-langit dan bertahap buka silangan tangan anda. Angkat badan keatas sehingga anda merasakan regangan pada seluruh tubuh bagian atas. Keluarkan nafas sewaktu anda menurunkan tangan kesamping dan kebelakang dengan telapak tangan keatas. Rasakan regangan didada dan lengan atas. Dengan lengan pada posisi di bawah dan dibelakang, lakukan regangan lebih lanjut dengan menekan tangan kebelakang menggunakan lima getaran lembut. Keluarkan nafas setiap kali melakukan regangan, dengan membuat bunyi ”hu”, turunkan tangan kesamping dan rileks tanpa merosot. Ulangi lima kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar